Saya yakin bahwa kita semua sudah pernah mendengar dan sering membaca tentang pentingnya air bagi tubuh kita. Termasuk berapa banyak konsumsi air setiap hari yang selalu di sarankan oleh ahli kesehatan. Tulisan ini cuman sekedar mengingatkan kembali mengapa kita butuh untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang tepat.
Minum air tidak hanya berguna untuk melepaskan dahaga. Minum sebanyak 8 – 10 gelas setiap hari akan berguna untuk hal berikut :
1. Kulit sehat.
Air sangat penting untuk menjaga elastisitas dan kelembutan kulit, serta mencegah kekeringan. Minum cukup air dapat menjaga kelembapan kulit, akibat pengaruh udara panas dari luar tubuh
2. Meminimalkan risiko infeksi organ dalam tubuh.
Asupan air yang cukupĀ dapat mencegah pembentukan batu ginjal dan menekan risiko infeksi ginjal, kandung kemih, dan saluran kemih. Hasil penelitian yang pernah dilansir JAMA (Journal of American Medical Association) pada akhir tahun 2004, menyatakan bahwa perempuan yang minum 5 gelas air setiap hari cenderung menghadapi risiko kanker usus 45% lebih rendah dibandingkan perempuan yang hanya minum kurang dari 2 gelas perhari.
3. Menjaga kestabilan suhu tubuh.
Keringat adalah mekanisme alamiah untuk mengendalikan suhu tubuh. Agar dapat berkeringat, tubuh membutuhkan cukup banyak air.
4. Menstabilkan pembuangan.
Konsumsi air yang cukup akan membantu kerja sistem pencernaan di dalam usus besar. Proses ini akan mencegah gangguan pembuangan (konstipasi), karena gerakan usus menjadi lebih lancar, sehingga feses lebih mudah dikeluarkan. Hal ini akan membantu proses pembuangan racun yang terjadi pada ginjal dan hati
5. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh.
Orang dewasa mengalami kehilangan cairan tubuh sebanyak 10 cangkir setiap hari. Pengeluaran cairan ini terjadi melalui keringat, napas, urin, dan feses. Kekurangan cairan tubuh, sekalipun hanya sedikit akan segera menimbulkan gangguan besar, seperti; sulit berkonsentrasi, sakit kepala, lelah, dan gelisah.
6. Memulihkan kondisi tubuh.
Asupan air yang memadai ketika sakit, berkhasiat meredakan demam, dan mengganti cairan yang terbuang. Kondisi ini mendukung proses metabolisme tubuh yang memilik korelasi langsung kepada proses penyembuhan.
7. Melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot.
Sebagian besar cairan yang melindungi dan melumasi gerakan sendi dan otot terdiri dari air. Mengonsumsi air sebelum, selama dan setelah melakukan aktivitas fisik, berarti meminimalkan risiko kejang otot dan kelelahan.
8. Meminimalkan risiko serangan jantung.
Dalam suatu penelitian yang melibatkan 20.000 responden di universitas Loma Linda, California di temukan bahwa para responden yang minimal minum air lebih banyak dari 5 gelas sehari memiliki risiko kematian akibat serangan atau gangguan jantung yang lebih kecil, dibandingkan responden yang minum lebih sedikit dari 2 gelas per hari.
Tentunya sekarang kita sudah memiliki alasan yang tepat untuk mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.
So sudah cukupkah air yang anda konsumsi hari ini ?
gambar dari : www.pbase.com

Ditulis oleh suwardik 


